Kamis, 04 September 2008

SaKuRa : Sajian Kuliner Ramadhan

Selama bulan Ramadhan ini Swara Akademia-Radio Sekolah Radio yang bernaung di bawah Perpustakaan YPPSB membuat program acara SAKURA yaitu Sajian Kuliner Ramadhan . Acaranya memberikan resep masakan kepada para pendengar setia Radio SA. Namanya juga masak-memasak jadi kita para ibu yang bertugas di Perpust kebagian dech untuk ngisi acara tersebut, jam siarnya pukul 5 sore.

ChefSaat giliran tugas aku cari resep yang gampang-gampang aja untuk aku sampaikan. Bukan apa-apa kalau ngebahas resep makanan yang kita gak tahu, rasanya kurang afdol. Rasanya gak pas dan kurang mantep waktu menyampaikannya.

Saat siaran kemarin aku menyampaikan resep Puding Cake 3 . Kayaknya kalau puding pasti ibu2 pasti pada bisa dech, tinggal di modifikasi dengan bahan-bahan lain aja .

Aku tuliskan resepnya ya…

PUDING si Hitam Manis
Bahan:
175 ml sirop rasa Frambozen (merk apa aja bisa…)
250 ml susu cair
500 ml santan
25 gr gula pasir
1 bungkus agar-agar putih
½ sdt garam
½ sdt vanili bubuk
100 gr tapai hitam

Bahan Saus Santan(Fla)
175 ml santan kental
25 gr gula pasir
¼ sdt garam
1 lembar daun padan, simpulkan
½ sdt tepung maizena, larutkan dg sedikit air

Cara Membuat :
Siapkan cetakan pudding, basahi bagian dlm dg air matang (supaya tidak lengket)
Taruh susu, santat, sirup Frambozen, agar-agar,vanili, garam dalam panci. Masak diatas api sedang diaduk hingga mendidih. Angkat dari atas api, masukkan tape ketan hitam
dalam adonan, lalu masukkan cetakkan, simpan dalam lemari es.

Saus Santan : taruh santan, gula, garam, dan daun pandan dalam panci. Masak di atas api sedang, aduk hingga mendidih. Tuangi larutan maizena, aduk dan didihkan kembali lalu angkat.
Keluarkan pudding dari cetakan. Sajikan dingin dengan di lengkapi saus santan.

…ehmm nyummi, sebagai desert dingin-dingin empuk.

Selamat mencoba. Kayaknya pas dech buat menu penutup saat berbuka puasa.

Acara SAKURA ini rencana akan di putar setiap sore, makanya nanti kita mau mengundang para Ibu Komite Kelas Mom untuk berbagi resep masakan. Salah satunya nanti yang di undang Mama Icel ya...(mau lo..)


Untuk blogger Sangata rajin-rajin ya bergabung Radio Swara Akademia 107.7 FM, yang merupakan Radio Edutainment Station satu-satunya di Kutai Timur .

2 komentar:

mama icel mengatakan...

bukan diundang tapi ditodong tadi...jelas gak PD haha..biar jaman dulu pernah siaran di radio tetep masih gak PD secara udah lama banget..jaman rikiplik..

Asih Evan mengatakan...

Sudah di cobakan say...
Satu episode lagi ya (honor satu episode berapa?)hehe...