Sabtu, 18 Oktober 2008

Jogging

Ceritanya aku lagi niat banget jaga kesehatan, diiringi dengan gaya hidup yang sehat pula…
Olah Raga tiga kali seminggu dan juga rajin minum juice setiap hari.
Soda Cup Juice macem-macem wortel+apel+timun tanpa gula di tambah madu 1 sendok makan.
Kadang ganti buah yang lain.

Awalnya memulai rajin olah raga (mudah-mudahan gak getting stuck...) setelah pulang cuti liburan Juli kemarin aku sempat ke klinik, dan seperti biasa untuk awal pemeriksaan dokter Nursekita di cek tensi darah. Ternyata di situ tensi darahku tinggi 140/90, aku kaget juga, karena tidak merasa pusing dan sebelumnya tensi darahku selalu normal120/80. Kebetulan dalam 1 minggu itu Sultan lagi menjalani terapi di THT, jadi sambil menunggu Sultan aku selalu menyempatkan minta di tensi …dan selalu tensi tinggi…kissaran 130 – 150/90. Awalnya aku rada panik…wah ternyata keturunan Hipertensi dari Ibuku sudah menurun ke aku, padahal usia belum masuk 40. Karena Abang dan Kakakku setelah usis 40 baru terkena hipertensi.

Tapi sekarang aku berpikir positif ajalah, dengan kita tahu lebih awal sudah ada bakat hipertensi (mbok ya bakat yang enak-enak gitu…menyanyi, pinter masak) setidaknya kita mulai menjaga gaya hidup sehat dengan rajin olahraga, diet makanan yang di larang.
Kerana dampak darah tinggi termasuk berbahaya, yaitu Tekanan darah tinggi (hipertensi) menyebabkan meningkatnya resiko terhadap stroke, gagal jantung, serangan jantung Heart Beatdan kerusakan ginjal. Tanpa melihat usia atau jenis kelamin, semua orang bisa terkena penyakit jantung dan biasanya tanpa ada gejala-gejala sebelumnya. Info lengkap bisa dilihat di sini. Makanya sekarang banyak kita dengar usia muda kena stroke.

jogging kadang ditemenin abi, biar tambah smangat..
Nah karena dari itu aku sekarang memaksakan diri Walkingjogging 3 kali seminggu. Tapi seharusnya jogging bukan hanya ada gejala hipertensi. Karena melakukan jogging secara teratur memberikan manfaat bagus buat kondisi fisik dan kesehatan lainnya. Jogging juga memberikan kesenangan secara fisik dan mental. Aku dapet infonya disini. Sedikit aku tulis manfaat jogging ya…untuk lebih lengkapnya nanti jalan-jalan aja ke websitenya.

Keuntungan Jogging Runner
Jogging memberikan keuntungan tetap bagi keseluruhan kesehatan setelah dilakukan.
Efek-efek dari jogging adalah:
1. Membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan
2. Mempercepat sistem pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan;
3. Menetralkan depresi
4. Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif
5. Jogging membantu Anda membakar lemak dan mengatasi kegemukan
6. Kalau Anda bermasalah dengan selera makan, jogging membantu Anda memperbaikinya
7. Jogging mengencangkan otot kaki, paha dan punggung
8. Membuat tidur lebih nyenyak.

Mulai dari sekarang Treadmill olah raga yuk…memulai hidup lebih sehat dari hari ini.
Lebih baik mencegah daripada mengobati…

7 komentar:

budhe Fakhrun mengatakan...

wah... sangat informatif nich makasih ya Ummu Sarah...budhe dah diingetin dan diajakin..duh senangnya...

Iya dech budhe akan coba rajin jogging mumpung cuaca lagi enakan.

Hati ceria badan segar jantung sehat ...hayo semangat!!!

Febrie mengatakan...

waduh rajin amat ibu satu ini, mbok ya aku ditularin .. gak pernah olahraga lagi nih :P

Angsoka47 mengatakan...

kudu ngajak mas gw neh.. giat lagi olah raga... sempet vakum, gara2 si mas buanyak kerjaan....

Asih Evan mengatakan...

@Budhe fakhrun
@Febri
@Reni
Iya nich mau sehat emang harus sedikit maksain diri... keep spirit ya..

mama icel mengatakan...

aku kapan ya?

Lisa mengatakan...

yg rajin ya joggingnya :-)

mommy adit mengatakan...

semangat ya joggingnya....