Minggu, 11 Mei 2008

UAN : Ujian Akhir Nasional

Tanggal 13 May, putriku Bilqis kelas 6 SD akan melaksanakan Ujian Akhir Nasional. Untuk mengahadapi UAN & UAS ini Sekolah sudah mengadakan persiapan hampir 6 bulan. Kita para orang tuapun diminta berpartisipasi dengan menyiapkan makan siang untuk anak kelas 6, selama ada pelajaran tambahan di sore hari. Syukurlah semua piket2an sudah selesai tinggal anak-anak berjuang di hari selasa ini.

Aku sebagai orangtua rasanya pengen cepet ujian ini terlaksana, soalnya ikut tegang pingin lihat hasilnya. Capek juga lihat persiapan anak-anak yang gak habis2nya Try Out. Syukur Alhamdulillah selama Try Out ini hasil Biqis lumayan bagus, walaupun belum dapet nilai sempurna 100, tapi hampirlah mendekati. Mudah-mudahan pas UAN & UAS nanti, dapet ya nak nilai sempurnanya.

Kita sebagai orangtua di zaman ini wajib mensupport Mental dan Spiritual (M&S) anak. Bisa menjadi motivator kesuksesan bagi anak. Di zaman yang penuh tantangan, persaingan,modernisasi dimana-mana anak2 harus dibekali M&S kuat. Tingkat stress yang tinggi tidak hanya terjadi pada orang tua, anak-anakpun mengalami stress juga dengan kondisi jaman sekarang ini. Mungkin hampir semua kita tahu angka bunuh diri anak tiap tahun meningkat, dengan melihat dari berita di televisi atau baca media cetak. Dari masalah yang dianggap sepele oleh orang tua, tapi fatal bagi anak.


Untunglah ibu-ibu zaman sekarang juga pada cerdas jadi umumnya mereka paham akan itu, hanya kadang prakteknya aja yang masih tersendat-sendat. Itulah tantangan buat kita para orang tua untuk mengingat bahwa anak juga perasaan, keinginan, khayalan sendiri. Jangan memaksakan ego kita.

Pengalamanku sendiri, Bilqis termasuk anak yang mandiri untuk urusan belajar. Dan Alhamdulillah hasilnya juga lumayan memuaskan. Tapi kalau aku menyuruhnya untuk belajar wajahnya rada BT. Mungkin dia pikir sudah belajar kok, disuruh lagi. Akhirnya aku ambil sikap hanya melihat, memperhatikan dan mengingatkan.

Tahun ini kebetulan beberapa anak dari temenku diantaranya Ica anak Mama Icel, Putri anak Jeng Reni juga kelas 6 yang akan menghadapi UAN. Semoga kalian berhasil ya nak. Bisa mengerjakan ujiannya dengan baik dan hasilnyapun memuaskan buat kalian dan juga buat kami para orangtua. Semoga!



2 komentar:

mama icel mengatakan...

ocre deh tante...
tapi takut deh ada yang "bunuh diri"hiii serem..

aku lagi jadi satpamnya icha nih...kutinggal buka kompi bentar eh ichanya udah menghilang...

ughhh..capek deh!

Asih Evan mengatakan...

Gakpapa bu, udah muyeg kali belajar terus.

Nanti posting ke tambang ku menyusul ya...