Selasa, 13 Mei 2008

Tour to the Pit


PT KPC atau Kaltim Prima Coal yang terletak di Sangatta Kalimantan Timur, adalah salah satu perusahaan pertambangan batu bara terbesar di Indonesia. Dengan luas areal tambang 90.960 hektar (luas banget kan…).

Suamiku sebagai salah satu karyawan di perusahaan ini, so aku bergabung dengan Persatuan Istri Karyawan atau PERISKA PT KPC. Banyak kegiatan positif yang telah dilakukan oleh organisasi wanita ini. Diantaranya Seminar Pendidikan, Kepribadian, Bakti Sosial, Bazar, Jalan Sehat, Lomba-lomba yang edukatif dan lain-lain. Biasanya dilakukan pada saat menperingati hari tertentu, misalnya Hari Ibu, Hari Kartini dll.

Pada hari Sabtu 10 May yang lalu, PERISKA Departemen MS, bagian dari PERISKA Pusat PT KPC mengadakan kunjungan ke Pit atau areal tambang. Dengan tujuan agar para Istri tahu bagaimana tempat dan kondisi suami bekerja dan nantinya bisa mensupport suami dalam bekerja.

Yang namanya ibu-ibu seru aja sih kalau kumpul rame-rame selalu ada aja komentar yang lucu-lucu dan kadang juga rada jahil. Kita berkeliling tambang diantar dengan Bis dan seorang guide yang tentunya karyawan KPC yang juga salah satu suami dari istri yang ikut tour juga. Wah pokoknya gaya kita gak kalah seperti dengan study tour anak-anak SMP dan SMA.

Tapi yang pasti kegiatan ini banyak manfaatnya buat para istri karyawan dan juga buat aku pribadi. Aku kagum dengan hasil kecanggihan kerja para penambang yang tentunya didukung dengan peralatan teknologi yang canggih. Aku juga salut dengan pekerja tambang yang kadang bekerja pada shift malam dengan kondisi tempat kerja yang jauh dari keramaian ditengah areal tambang yang begitu luas. Gak takut apa ya? Untuk bagian pembuka lahan tambang lokasinya jauh dan rada-rada serem menurutku. Mungkin sulit untuk membayangkan bagi orang-orang yang belum pernah melihat sendiri lokasinya. Sayangnya foto-fotoku gak terlalu jelas.

Mudah-mudahan para ibu yang bergabung dengan organisasi wanita apapun bisa memanfaatkan organisasi untuk kegiatan positif, tidak hanya untuk arisan yang tujuannya ngegosip, pamer koleksi berlian, harta dsb. Karena sebagian wanita atau para suaminya akhirnya menganggap kegiatan wanita lebih banyak mudharatnya darapada manfaatnya, karena lebih banyak ‘ngegossip’ dll. Padahal kalau kita kaji tujuan utamanya antara lain silaturrahmi.
Kata orang bijak menjalin silaturrahmi itu memperpanjang usiakan..

Ok dech Hidup Periska KPC


1 komentar:

mama icel mengatakan...

bahasanya..resmi booo..
btw,kapan lagi periska kita tour ya?ke spore barangkali hehe...