Senin, 29 Desember 2008

Resolusi Tahun Baru

Tidak terasa tahun berganti lagi dari 1429H telah berjalan menjadi 1430H dan 2008M ke 2009M.

Biasanya setiap orang jika mengahadapi tahun baru akan membuat rosulusi, cita-cita, target dll.

Namun ternyata menurut studi riset di Amerika hanya 8% orang yang berhasil mencapai tujuan dan target itu. Dikarenakan tidak konsisten dengan cita-cita nya alias meles-malesan dalam mencapai targetnya.

Nah ini ada sedikit saran dari Rhonda Britten seorang life coach didalam sebuah bukunya, Change Your Life in 30 days…

1. Cari Dukungan
Untuk mengubah perilaku, penting untuk mendapat dukungan.
Contohnya , jika anda ingin menurunkan berat badan misalnya, coba ikut kelas senam atau menyewa pelatih pribadi.
Jika anda punya target bisa mengaji dengan lancar di tahun ini, mengambil guru mengaji, dll

2.Tekadkan untuk mencapai tujuan
Untuk mencapai tujuan rosolusi, pasti akan mengalami turun naik, tapi sang ahli menyarankan untuk tidak membiarkan kekecewaan menghambat tekad anda. Jangan mengandalkan Perasaan sebagai barometer untuk pencapaian anda. Anda harus berkata kepada diri sendiri,
”Saya mau meninggalkan zona nyaman untuk mempelajari perilaku-perilaku baru ini”

3. Buat Catatan Kehidupan
Catat aktifitas-aktifitas harian anda dan beberapa lama yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Sesudah 3 minggu, anda bisa mengatahui secara akurat berapa lama waktu yang anda habiskan. Mencatat perkembangan itu penting untuk mempertahankan motivasi untuk berubah menjadi lebih baik.

4. Berpikir Positif
Anda akan selalu kecewa dengan diri sendiri jika memulai dengan sikap ”semua atau tidak sama sekali”. Lebih baik gunakan pendekatan, jika anda mengerjakannya 50% lebih baik dibanding sebelumnya, berarti kemajuan besar.

Sepertinya tips-tips dari sang ahli ini bisa kita ambil ya... Setidaknya sebagai tambahanlah untuk mencapai target kita di tahun yang baru ini.

Untuk aku pribadi di tahun yang baru ini begitu banyak perubahan dalam kehidupanku.

Tepat diawal 2009 ini aku mengundurkan diri dari pekerjaanku yang sudah lebih dari 10 tahun aku jalankan. Walau awalnya sulit untuk keluar dari zona nyaman ini, tapi dengan berbagai pertimbangan dan rencana lain yang menurut aku & suami akan lebih baik maka dengan tekad dan doa keputusan ini menjadi bulat.
Semoga ini jalan yang terbaik, amin.

Dan juga hal yang paling basar adalah...aku hamil lagi, walau tanpa di rencanakan (semua kuasa Illahi), sekarang usia kandunganku memasuki bulan keempat. Jadi Insya Allah di tahun ini aku akan mempunyai anak ke 4. Dengan jumlah anak yang lumayan banyak untuk zaman ini tentunya akan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih untuk memperhatikan mereka. Karena anak adalah titipan Illahi yang harus kita pertanggung jawabkan dunia & akhirat.

Semoga saja di Tahun Baru ini Rahmad & Karunia Allah makin banyak tercurah untuk ku & Keluarga, juga untuk kita semua. Menjadikan kita pribadi yang makin baik lagi. Amin, amin ya Rabbal Alamin.


9 komentar:

ke2nai mengatakan...

semoga dengan bergantinya tahun, hidup kita akan lebih baik ya.. :)

Angsoka47 mengatakan...

moga di taon baru semua lebih baik dari taon sebelumnya yah, amin..

Penny mengatakan...

makasih tip-tip nya mba Asih... Good luck in year 2009, semoga Allah memberikan yang terbaik buat mba Asih dan family, amin....

Febrie mengatakan...

moga2 resolusinya tercapai ya jeng .. amin !

"Amirul's Family" mengatakan...

"Selamat Tahun Baru juga Mba' Asih dan makasih tip tipnya, semoga Allah melengkapi buku amalan kita tahun lalu, dengan melebihkan pahala dan kebaikan2 did alamnya, sehingga kita dapat membuka lembaran buku kita yg baru dengan beribu harapan dan kebaikan serta amalan2 yang diridhoiNya. Tiada daya upaya kecuali yang dikehendaki dan berasal dariNya..amiinn yaa Rabbal alamin "

"Barangsiapa yang membereskan hubungan antara dirinya dengan Allah, niscaya Allah akan membereskan hubungan antara dia dan manusia semuanya. Barangsiapa yang membereskan urusan akheratnya, niscaya Allah akan membereskan baginya urusan dunianya. Barangsiapa yang selalu menjadi penasehat yang baik untuk dirinya sendiri, niscaya Allah akan menjaganya dari segala bencana"

mommy adit mengatakan...

TFS Mbak Asih.. Resolusi nita di tahun 2009 mirip sama Mbak.. Berencana akan keluar dari zona aman, alias keluar dari kantor yg sudah dijalani selama 6 tahunan. Wish me luck ya... Dan.. hmm.. kayaknya nita juga mau hamil lagi.. hehehehe..

mcdamas mengatakan...

Tips nya okay punya nih. harus dicoba. anyay met taon baru ya... n lam kenal

Atca mengatakan...

Tesolusinya top markotop..
Berarti nambah anak juga resolusi akhir tahun hi..hi..

Endah mengatakan...

selamat menjalankan semua rencana di tahun 2009, semoga tahun ini berjalan sukses...Amin...