Minggu, 20 April 2008

Anugrah Illahi, Air Susu Ibu

ASI, Air Susu Ibu adalah Anugerah Illahi yang patut kita syukuri, begitu banyak manfaat yang diperoleh untuk putra-putri kita tercinta.

Sebagai Breastfeedding Mom, aku mengamati tidak semua para ibu mau meberikan ASI ke babynya. Ada juga yang hanya 3 sampai 6 bulan aja, aduh sayangnya, padahal kita disunnahkan dalam Alquran memberikan ASI selama 2 tahun.

Seorang dokter pernah menjelaskan bahwa semua perempuan yang habis melahirkan bisa menyusui bayinya, tidak terkecuali yang payudaranya kecil. Karena selama proses kehamilan proses pembentukan ASI juga berjalan entah itu payudaranya kecil ataupun besar. Jadi ukuran payudara kecil bukan alasan untuk tidak bisa menyusui. Dan uniknya semakin banyak ASI yang keluar, semakin banyak ASI yang tersedia.

Emang sih untuk sebagian orang ada juga yang tidah mudah untuk mengeluarkan ASI nya. Pengalamanku sendiri waktu anak pertama Auzubillah sakitnya nih payudara, sampe berdarah-darah karena lecet, sampe demam panas dingin segala. Kalau saat si baby mau mimik, tanganku cari pegangan untuk mencari kekuatan mengatasi rasa pedih yang di rasa ( kayak sakit hati aja ya…). Mungkin para ibu yang punya pengalaman seperti aku tahu gimana rasa sakinya. Tapi demi si buah hati, juga dorongan suami tercinta bikin tambah kuat tekat untuk memberikan ASI pada anak.
Untunglah setelah pengalaman pertama, beriukutnya untuk anak kedua dan anak ketiga ‘Bye-bye lecet’, karena sejak usia kandungan 7 bulan aku sudah rajin bersihkan puting payudara pakai baby oil sekalian di message agar nantinya susu keluar tidak tersumbat dan kulit tidak lecet.

Sebenarnya dengan memberikan ASI kita para ibu terbantu gak usah repot mencuci botol, mensterilkan ( walaupun tetep kiat wajib menjaga kebersihan payudara dan tubuh kita), karena ASI selalu mempunyai suhu standart, tingkat kesegaran yang prima dan bebas bakteri. Juga yang pasti mengandung zat antibodi. Hemat lagi, tahu sendirikan harga susu bayi dengan embel-embel gizi yang banyak otomatis harganya makin mahal.

Walaupun mungkin semua para ibu sudah tahu, aku mau mengingatkan keuntungan ‘kecil’ menyusui setelah melahirkan :

- Zat oxytoxin dalam tubuh kita akan bertambah sehingga dapat mengurangi jumlah darah yang keluar setelah melahirkan.
- Kandungan dan perut bagian bawah bisa lebih cepat menyusut kembali kebentuk normalnya, juga karena kalori lebih banyak terkuras, maka akan lebih cepat pulih keberat tubuh semula (enakkan….daripada susah2 Diet),
- Menurut statistisk, menyusui juga mengurangi kemungkinan terkena kakner payudara dan kanker indung telur dalam masa menopause.

Ibu, Bunda, Mama , Umi ayo jangan malas memberi ASI, banyak sekali untungnya. Untuk Anak kita dan kita sendiri. Terlebih-lebih dapat bonus pahala lagi. Sippkan!

Tidak ada komentar: